Follow Me

Jangan Menghalangiku! Aku sendiri Tak Tahu Kemana Kakiku Akan Melangkah!

05 October 2017

Pengalaman Tes Kerja Trans7

Kali ini aku mau share pengalaman aku ikut tes kerja di Trans 7

Jadi ceritanya di bulan Februari 2017 aku udah ikutan Psikotest Trans7, applynya waktu itu lewat webnya http://www.trans7.co.id/career/ ambil posisi Digital Media dan pengumumannya hanya butuh waktu sekitar 3 hari. Oh ya, ini tesnya di Menara Bank Mega Lt. 3 di Jakarta Selatan. So, untuk kalian yang dari luar kota pengen kerja di sini be ready ya.

Setelah lolos psikotest, tahap berikutnya adalah interview HRD... karena berhalangan hadir, aku apply ulang di bulan July untuk posisi Production Assistant. Kali ini aku apply lewat email.

25 July 2017

Undangan untuk ikut Psikotest dikabarkan via SMS H-1. Psikotest sendiri dilakukan di ballroom, Menara Bank Mega Lt. 3. Kira-kira saat itu ada 100 orang yang dateng. Untuk psikotest sendiri, tidak terlalu sulit, ada tes wartegg, gambar pohon, dan gambar manusia. juga tes kepribadian yang Most dan Less, waktu psikotest yang dulu pake pauli, tapi kali ini nggak pake.

hasil akan diumumkan maksimal 2 minggu.

27 July 2017

Nggak sampai 2 minggu, aku di SMS pihak HRD Trans7 untuk interview HRD. lagi-lagi ke Jakarta. Sebelum mulai interview, aku dan 3 orang lainnya mengerjakan tes papikostik terlebih dahulu. Itu testnya seperti memilih salah satu penyataan yang kamu banget dari 2 pernyataan. seperti itu. Baru selanjutnya interview HRD. Interview HRD cukup santai, pertanyaan hanya seputar kegiatan saat ini, kegiatan saat kuliah, soal hobi, dan lainnya yang berkaitan dengan diri kalian.

hasil akan diumumkan maksimal 2 minggu.

20 September 2017

Sebenernya aku udah lupa soal rekrutmen Trans7 yang dibilang cukup lama, sekitaar hampir 2 bulan. tapi entah kenapa semalam dapet telfon dari HRD untuk interview user. Ternyata interview user kali ini dengan divisi produksi, bukan news seperti yang aku pengin. Di tahap ini ada 2 orang lainnya. Kami diinterview oleh dua orang, Pak Bugie dan Bu Mita. Masuk ke salah satu ruangan satu-satu. aku ada di urutan kedua. Untuk interview User kali ini tetap di Menara Bank Mega ya, tapi di Lt. 22.

Ditanya apa aja sih?
Pertama jelas memperkenalkan diri. Kemudian Pak Bugie dan Bu Mita bertanya secara bergantian. tentang magang yang kebetulan aku magang di NET, tanya tentang ngapain aja saat magang. Tanya juga tentang hobiku yang menulis, tulisan macam apa. Tanya tentang kamera karena aku menyantumkan skill bisa operasikan DSLR. juga tentang sosial media, youtube. Ditanya seberapa sering aku akses youtube, nonton apa aja, gimana downloadnya, macem kayak gitu. Terus juga ditanya kalau jadi PA maunya di program yang kayak gimana. Nggak begitu sulit kan? Jawab aja sesuai dengan apa yang kalian tahu dan kalian inginkan. Interview berlangsung sekitar 30 - 45 menit. Usernya enjoy banget kok, nyantai. Cuman tergantung aja kalian lagi hoki ato enggak, soalnya temen yang diinterview sebelum aku ditanyain soal teori-teori juga, hehe. Jadi tiap orang bisa beda-beda pertanyaannya.

hasil akan diumumkan maksimal 2 minggu.

4 Oktober 2017

2 minggupun berlalu, akhirnya sore kemarin dikabarin kalau lolos ke tahap selanjutnya yaitu Interview Direktur Produksi. Interview ini dilakukan pukul 17.30 di Menara Bank Mega Lt. 10 dengan membawa portofolio. Ada 5 orang yang diinterview kali ini. 2 di posisi Set Desainer, 3 di posisi Production Assistant. Sebelum interview dimulai kami di briefing dengan HRD bahwa nanti akan diinterview oleh Direktur Produksi yang bernama Pak Andi, dan interview dalam bentuk panel. Jadi kami berlima masuk secara bersama-sama namun tetap ditanya satu persatu secara bergantian.

Ruanganpun cukup sunyi setelah Pak Andi dan dua orang lainnya masuk. Suasana tegangpun terasa. Ya gimana nggak tegang kalo yang ada di hadapan ini seorang direktur? Beliau nggak pakai memperkenalkan diri. Pertanyaan pembuka yaitu "Kenapa Trans7?" Kamipun langsung menjawab secara bergantian.

Kemudian beliau mengambil berkas-berkas kami secara bergantian. Kebetulan yang diambil pertama anak PA ditanya sesuai dengan berkas, Interview ditanya secara acak. Aku ada di urutan ke empat. Pak Andi bertanya seputar tulisan yang aku berikan kepada beliau yang menjadi portofolioku. Tak banyak yang ditanya, hanya asal daerahku, soal tulisan, dan soal kuliah. Saking sedikitnya aku jadi merasa kecil kemungkinan akan lolos karena nggak ditanya sebanyak anak yang lain.

Setelah semua selesai ditanya, kami berlimapun meninggalkan ruangan dengan bersalaman. Aku yang berada di urutan terakhir keluar ruangan, Pak Andi tiba-tiba memanggil dan bertanya, "Yen Yen, kamu bisa ngaji?"
Akupun tersenyum dan menjawab, "Bisa Pak, masa nggak bisa ngaji" :)))

hasil akan diumumkan maksimal 2 minggu.




Oke, kita tunggu saja bagaimana hasilnya.
Fighting! :)




hai, biar tau keseruannya, laangsung check this out yaaa
 https://okaannisa.blogspot.com/2019/10/pengalaman-jadi-broadcaster.html?m=1

112 comments:

  1. Sepertinya nama nama diatas agak berbeda dengan aslinya. Atau memang disamarkan ya��

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah dengar waktu itu, terima kasih koreksinya mas :))

      Delete
  2. Wkkk. Selamatt dulu btw.
    Ditunggu updatenya.

    ReplyDelete
  3. nggeh sami sami yen👍.
    Semoga lancar🙏

    ReplyDelete
  4. Selamat ya mba, pencapaian yg baik bisa sampai sejauh itu. Saya sendiri baru akan mengikuti Psikotest besok mba jam 2. Sebenarnya sih udah nothing to lose ya mba apapun hasilnya pasti diterima dan evaluasi tapi setelah denger pengalaman mba beban semakin berkurang lagi rasanya 😅 toh kayanya seleksinya betul-betul lebih kearah kepribadian yg sesuai dengan posisinya, tidak terlalu di tekan kan pada kemampuan intelligence

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ya baru balas
      harus selalu optimis dan positif thinking yaaa
      semangat!
      jadi gimana nih pengumumannya? hehe

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Mbak mau nanya nih boleh kan? Itu pengumuman setelah kita daftar melalui website careirtrans7 berapa lama waktu yg dibutuhkan untuk panggilan psikotes?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dong
      maksimal 2 minggu, tapi bisa jadi lebih awal
      seperti cerita aku :))

      Delete
    2. Mba punya sya sdh 1 bln lebih kok gk d panggil2 ya.Screening terus...

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Hallo mba salam kenal yaaa:) makasih sudah mau cerita pengalamannya. Kebetulan besok aku juga ada interview di trans7 tp aku gak tau jam berapa dan ketemu siapa. Yang aku tau disuruh dateng ke menara bank mega lantai22. Dan skrg aku jadi bingung harus gimana huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba saya juga dpt panggilan telfon untuk psikotes Kamis besok. Bener ga sih ya mba? Apa mba lewat telfon atau email?

      Delete
    2. Hai dwi dan musfida, bener kok undangannya, menara bank mega lt 22 jam 10 :)

      Delete
    3. halo salam kenal ya semuaa
      iya kalo uda di sms berarti bener tanpa ada pungutan biaya
      semangat yaaaa!!! :))

      Delete
    4. Hallo mba saya dapat telfon dengan nomor +622179183123 apakah itu nomor HR trans7? Saya agak bingung soalnya 😂

      Delete
    5. Emm, sama di telfon pake no itu juga. Disuruh dateng besok pukul 11 di menara bank mega lt. 20,,,,,itu penipuan atau bagaimana?

      Delete
    6. Di tanya apa aja kak btw, aku disuruh dateng senin jam 10.30 😁

      Delete
    7. Hai mbak, sy mau tanya nih, jarak dari kita submit ke psikotest itu berapa hari ya? Karna lamaran saya date of ability nya tgl 1 Januari 2021, dan status nya masih di screening. Infonya ya mbak. Trims

      Delete
    8. Aku applay tgl 8 desember 2020 posisi event off air sampai saat ini tgl 4 januari 2021 masihh screening . Kalau rejeki pasti di panggil kalau ngga aku iklass 😳😳😌

      Delete
    9. jangan kan kalian yg 8 desember 2020 sama 1 januari 2021, saya aja yang dari september 2020 masih screening wkwkwk..
      btw thank u so much ya mbaknya udah mau sharing pengalaman, doain juga mbak saya tgl 13 ada psikotest cuma di T-TV nya bukan di T-7

      Delete
  9. Aku blm dpt panggilan dr trans7..pdhl uda apply di karir trans7...sedih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hilda... coba lg via email deh
      semangat!

      Delete
    2. Contohnya gimana kak?
      Apa kayak surat lamaran biasa emailnya

      Delete
    3. iya, surat lamaran biasa coba, cv dll :)

      Delete
  10. Hola ka ,aku masih bingung nih tentang interview user, gimna yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. user di sini kadept, tergantung jenis program kalo produksi. nanyanya ya lebih ke interest dan kemampuan kamu gitu

      Delete
  11. halo ka, biasanya dari waktu interview user sampai offering itu waktu nya berapa lama ya ? terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kira2 sebulan kayanya.. karena dr user ke direktur bisa 2 minggu. nah dr direktur ke offering bisa 2 minggu

      Delete
  12. Halo kak, saya mau nanya, saya kan dah apply di web karir trans7 udah ada sebulanan saya apply nya tp blm ada panggilan" psikotes, di webnya jg status lamaran saya masih CV screening. Itu emang tahap panggilan psikotesnya lama apa gmn ya kak? Mohon pencerahannya. Terimakasih😊

    ReplyDelete
  13. Halo kak, saya mau nanya, saya kan dah apply di web karir trans7 udah ada sebulanan saya apply nya tp blm ada panggilan" psikotes, di webnya jg status lamaran saya masih CV screening. Itu emang tahap panggilan psikotesnya lama apa gmn ya kak? Mohon pencerahannya. Terimakasih😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. haiii, sabar yaaa.. kalo mau, coba kirim via email juga CV nya siapa tau lebih cepet :))

      Delete
    2. Haloo kak Yenny, salam kenal yaa. Mau nanya yaa hehe, saya jga udah apply di web career trans 7 tp belum jg ada panggilan sama sekali. Kalo boleh tau apa ya alamat email HRD Trans 7, siapa tau bisa lebih ditanggepin hehehe. Makasih kak udh sharing pengalamannyaa 😊

      Delete
    3. halooo juga Tya :)
      email ada di web jugaa, recruit@trans7.co.id
      semoga belum berubah yaaa
      goodluck!😊

      Delete
    4. Kalo kirim email cvnya aja atau ada berkas lainnya karena Yenny?

      Delete
    5. cantumin aja cv, ijazah, transkrip nilai, sama sertifikat2 lain yg kamu punya. karena itu agar jadi pertimbangan hrd

      semoga menjawab yaa :))

      Delete
    6. Halo mba, mau bertanya

      Apakah sertifikat itu harus berhubungan dengan posisi yg kita ambil atau gimana?

      Delete
  14. Hai kak salam kenal yaa. Saya mau tanya, saya apply di bagian event off air dan tgl 9 kemarin alhamdulillah sudah sampai tahap interview kepala divisi. Prosesnya yg udah lewat ada psikotest, interview HR, interview user dan interview kepala divisi. Menurut kakak peluang lolosnya pengalaman kakak dulu gimana ? Setelah inteview dgn kepala divisi ada proses apa lagi ya ? Trima kasih kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai arif, kalo setelah divisi mah tinggal tunggu kabar lg terus taken kontrak sekalian offering. kalo untuk peluang aku ga bisa nentuin ya, tergantung saingan kamu sm gimana kamunya pas interview kadiv aja sih ituuu.. semangat yaa :)

      Delete
  15. Assalamualaikum mbak..mau tanya mbak..dari tulisan teman2 dan mbaknya panggilannya lokasinya di Jakarta ya mbak..kalo saya dapat lokasinya malah disurabaya..itu apa beda divisi apa gmna ya mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, itu tergantung kamu apply dr mana bukan? soalnya setau aku semuanya based in jakarta sih yaaa.. kecuali kalo kamu daftarnya emang di kontributor ato bagian regional gitu

      Delete
  16. Hai kak yenny salam kenal...
    Terima kasih sudah berbagi cerita tentang pengalamannya
    Oh iya saya juga apply ke career trans 7... Di websitenya saya tercatat mendaftarnya tgl 14 januari tapi saya baru melengkapi dan submit cv nya lebih dari tanggal 14 januari... Itu dihitungnya setelah saya submit cv kah? Mohon berbagi infonya kak.. Terimakasih 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai vira, soal perhitungannya aku jurang tau pasti ya. itupun juga nggak pasti, tergantung banyaknya yg apply. jadi ditunggu aja sampai ada yg ngehubungin. kalo emang mau sih apply aja lewat email, sepertinya bakalan lebih cepat :))

      Delete
  17. Kak untuk dresscodenya pake apa ya? Saya diundang untuk ikut psikotes nih

    ReplyDelete
  18. malam kak yenny. kak mau tanya. ada Medical Check Up nya tidak ya sebelum offering ? terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo, ngga ada medcheck waktu aku, jd abis interview direktur lgsg offering kalo lolos..

      Delete
  19. Hai kak yenny,,,, abis baca tulisan kaka aku jadi tenang hehe
    Btw aku daftar di posisi adm hehe
    Hari ini psikotest nih di menara bank mega, , doakan yah kak :)

    ReplyDelete
  20. hai kak yenny, mau tanyaa +622179184628 apakah nomor ini nomor dr HRD trans 7 ? kmrn ada yg tlpn dr situu..makasii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baru aja kemaren ditelfon nomer itu, bener trans7 kan kak?

      Delete
    2. aku juga di tlpon kmrn tapi ga trjawab, apakah itu dr trans7 ka ?

      Delete
  21. Halo kak, kak saya mau tanya... rekruitmennya kan terbuka sampai 30 April 2019. Nah saya sudah apply berkas lamaran, itu biasanya berapa lama? Apakah bisa dipanggil sebelum batas waktunya, atau setelah batas waktunya 30 april?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa 2 2 nya, bisa 2 minggu, sebulan pun bisa.. karna yang apply ngga sedikit :))

      Delete
  22. Kak apaka ini no HRD TRans7 02179187691

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, aku barusan juga di tlf nomor tsb tapi gk keangkat. Pas bgt momennya, semalem abis apply ke trans 7. Jadi parno gk keangkat takutnya dari trans 7

      Delete
  23. Kakk yenny selamat siang aku mau tanya nih kemaren aku dapet telfon dr trans7 blg kl ngundang aku buat psikotet nomernya 02179184628 bener ga ya?

    ReplyDelete
  24. haaiii kak,,aq baru aja dapat sms dr no 082308238456 untuk panggilan psikotes tanggal 25 april ini,,untuk konfirmasi aq hrs balas sms ke jo itu tapi ga bisa2,,mohon info kak untuk konfirmasi nya ke no mana,,

    ReplyDelete
  25. Btw knpa memilih ngelamar k Trans7, dbndingkan k NetTV??.pdhal kan sbelumnya pernah magang di net..

    ReplyDelete
  26. Btw kontrak nya brp lama sis? Bisa sambil kuliah kah? Kebetulan lg skripsi sih ada wktu luang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sambil kulish berarti magang aja sih yaa palingan

      Delete
  27. Hai ka yenny, salam kenal, mau nanya kak, klu ngirim cv lewat email kita tulis subjectnya apa ya?
    dan apakah langsung nulis devisi apa yang kita inginkan untuk diapply?
    Mohon penjelasannya kak, terima kasih 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. holaaaa
      tulis aja posisi yang mau di apply sama nama kamu :))

      Delete
  28. Besok baru akan test psikotest. Melamar 27 Mei, dipanggil 27 Juni.

    ReplyDelete
  29. Hallo kak, salam kenal.
    Makasih banyak ya kak buat tulisannya yang sangat membantu. Kebetulan 1 minggu yang lalu saya apply posisi creative dan tadi pagi dapat sms dari Trans7 kalau Kamis tgl 4 besok diundang untuk psikotes. Tadinya dagdigdugser, tapi baca tulisan kaka jadi ga begitu terlalu hihi sekali lagi terimakasih ya kak, dan mohon doanya 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Wah barengan dong berarti, btw udah ada panggilan ke tahap selanjutnya lagi belum?

      Delete
    3. waaah semangat yaaa
      semoga ada kabar baik :))

      Delete
    4. Udah 2 minggu berlalu setelah psikotes, tapi belum ada panggilan lagi. Sepertinya belum rezekinya, so sad :((

      Delete
    5. sabar.. aku aja nyampe sebulan lebih kok, rejeki ngga akan kemana :)

      Delete
  30. Hallo mbak yenny, kalo kirim lamaran via pos atau antar langsung bisa gak mbak ? Soalnya udah apply lewat website career.trans7.co.id tapi belum ada respon mbak
    Mohon pencerahan 😁

    ReplyDelete
  31. hallo mbak yenny , mau tanya sekiranya kita telah melakukan psikotes , namun saat ditelp (kemungkinan lolos) tidak terangkat karena posisi memang sedang tidak menggunakan HP . apakah itu harus apply ulang atau kemungkinan nnti ditelp kembali ya ? terimakasih , mohon pencerahannya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. halloo, uda coba telfon balik?
      karna biasanya kesempatan 1 kali setau aku yaaa :"

      Delete
  32. selamat malam kak yenny, mau tanya dong. kebetulan saya hari selasa diundang psikotest di divisi account executive. kira-kira untuk lowongan tersebut apakah banyak ka peminatnya? dan biasanya kira-kira berapa orang yg kemungkinan lolos ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo
      wah kalo sedetail ini hanya HRD dan Tuhan yang tau :))

      Delete
  33. kak boleh liat contoh portofolio nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, mungkin bisa liat contoh2 lainnya yaaa.. di google banyak kok, semangat! :))

      Delete
  34. Salam kenal ka, mau tanya dong siapa tau bisa di bantu jawab, kemarin apply jadi creative dan PA baru 5 hari di panggil psikotest di gedung transtv lantai 3A, sehabis psikotest langsung di panggil2 namanya lalu pulang dan beruntungnya aku di suruh langsung interview sama hrd trans tv

    Aku mau tanya kalo udh seperti itu kira2 peluang untuk keterima ada ga kak?

    Thankyou ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. trans tv ato trans7 nih? hehehe

      wah saya bukan dukun nih
      jadi semoga yang terbaik yaaa :))

      Delete
  35. halo kak aku mau nanyaa, semua divisi di trans7 itu kalo setelah interview user pasti ada interview sama kepala direksi ga yaa? soalnya aku uda interview user tanggal 12 kemarin hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo noni.. kalau setau aku pasti adaa sih yaa
      wahhh apply bagian apa? semangaaattt

      Delete
  36. Mau nanya dong kak... Setiap tahapannya itu bakalan ada yang gugur? Kalo pemberitahuannya itu seperti apa ya?? Terima kasih

    ReplyDelete
  37. Mohon maaf mba saya mau tanya kalo nomor 02179184628 itu nomor dari trans7 apa bukan ya

    ReplyDelete
  38. Mohon maaf kak sebelumnya, saya mau tanya, maksud dari tanggal mulai bekerja pas mau apply cv ke trans7 nya itu gimana ya? Mohon pencerahannya kakak..
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai
      ya itu maksudnya kapan kamu bersedia bekerja.. gitu..

      Delete
    2. berarti itu bukan milih tanggal tesnya ya kak? kalau jadwal tes pasti lewat undangan?

      Delete
  39. Mau tanya dong kak, kalo fresh graduate kemungkinan bakal ada panggilan untuk interview gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adaa kok, kemarin aku fresh graduate juga uda dipanggio sampe tahap interview user

      Delete
  40. Permisi kak kalau buat kasus kakak sendiri dari itv terakhir sampai offering makan waktu berapa lama ya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, aku offering di akhir oktober kalo ngga salah.. boleh dihitung sendiri yaaa kayanya 3 bulanan

      Delete
  41. Ka aku ada panggilan psikotes hari kamis di menara bank mega lantai 3, bner engga ya?

    ReplyDelete
  42. Kaa aku mau tanya kan syaratnya ipk 3.00 ipkku gasampe tapi dapet undangan psikotes itu gmna ya dtg apa nga

    ReplyDelete
  43. Hallo ka, salam kenal..
    aku mau nanya, aku dapet sms dari trans7 dan disuruh konfirmasi kehadiran selasa ini ke nomer ini 082308238456 itu bener apa ngga ya kak?
    dan satu lagi kak hehe statusku di webnya screening mohon sarannya kak.. aku dari bandung :(

    ReplyDelete
  44. hai semuanya, apapun sms yg kalian dapat datanglah sekalipun syarat blm memenuhi kalau uda ngerasa apply dan dapat invitation dateng aja ya, siapa tau emang rejeki kalian di situ :))

    ReplyDelete
  45. hai mau tanya waktu itu sya udah pernah apply di web trans7 dan dapat panggilan psikotest. tpi wktu itu sya berhalangan jd ga datang. nah skrg sya mau apply lagi, tapi resume di web ga bisa diganti sehingga ga bisa apply. sya mau tnya itu baiknya gimana? apakah sya harus lamar lewat email atau bagaimana? dan kemungkinan sya terpanggil lagi besar ga? mengingat wktu itu pernah ga bisa datang tes. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo halooo, untuk apply coba lewat email lg. semoga beruntung yaaa.. semangaat ! :)

      Delete
  46. Kak mau tanya, setiap interviewnya pake bahasa inggris semua kah? Terima kasih

    ReplyDelete
  47. Hallo kak, waktu daftar di web trans 7 kan ada upload cv & portofolio, portofolio itu apa ya? isinya apa aja? apakah sama dengan cv? masing bingung bedain huhuhu. Terimakasih sebelumnya kak:))

    ReplyDelete
  48. Kak saya pernah melamar ke trans7 via website nya dan pernah mengikuti psikotesnya, tapi hasilnya gak keterima. Yang pengen aku tanyain, kita gak bisa ngelamar via websitenya 2 kali ya?

    ReplyDelete
  49. Kak...saya melamar dr bln oktober ampe skrng, blm ada info tes psikotes ataupn lain'y, terus pas periksa cv saya masih screening... Itu gmn y kak?

    ReplyDelete
  50. HALLO KA mau tanya dong kemarin epply masukin CV nya kk pake cv bahasa indo atau bahasa inggris ? terimakasih kk cantiq :))

    ReplyDelete