Follow Me

Jangan Menghalangiku! Aku sendiri Tak Tahu Kemana Kakiku Akan Melangkah!

30 August 2015

Good Morning, Jakarta! salam kenal

jadi kali ini aku bakalan ngepost cerita panjaaaaaaaaang banget. setelah sekian lama aku menyimpannya karena memang aku benar-benar enggan untuk ngetik.

jadi cerita ini emang sudah lumayan lama, sekitar 1...2...3...mmm 8 bulan yang lalu. HAH? SUMPAH??!! UDAH 8 BULAN?! nambah sebulan dah brojol deh (mongopose). so, mungkin bakalan capek.....ngetik tapi....bahagia. ehek. yap ini adalah pengalaman superduper excited, sweet, motivated, sadness, and others. banyak banget yang aku dapetin dari pengalaman ini. mulai dari kudu struggle, kudu mandiri, kudu kuat, kudu tangguh, kudu bisa apa-apa semuanya sendiri, kudu berani, kudu cuek (karena ga semuanya kudu dipeduliin), kudu nolak (nggak semuanya kudu diiyain, eyy!).

semua berawal dari tanggal 4 Desember 2014, tahun lalu. ketika itu dengan segenap niat dan tekad yang kuat aku memberanikan diri untuk mengirim pesan singkat elektronik ke salah satu alamat email program acara news setelah usai mengirimkan berkas print out via pos. lewat email ini berniat untuk memastikan bahwa berkasku benar sampai atau tidak sejak seminggu lalu. aku berbalas pesan melalui rangkaian kata dalam internet yang kulayangkan pada mimin dunia maya yang bertugas mengelola email tersebut. hingga pada akhirnya tanggal 23 Desember 2014 mimin memberikan nomor ponsel produser NET. "Nanti SMS ke produser blablabla"

keyh. akhirnya aku diberikan kesempatan untuk ikut tes wawacara. aku memilih tanggal 26 Des karena lebih cepat lebih baik. terbanglah aku dengan kakak perempuanku menuju ibu kota. seumur hidupku 20 tahun ini, aku baru pertama kalinya naik pesawat ya saat itu tanggal 25 Desember di umurku yang ke 20 tahun semester 5. hahaha ndesit kan aku? maapin yaw. so, langit yang gelap (karena saat itu malam) tak cukup menarik perhatianku mendongak ke jendela. aku sama sekali tak menyiapkan apapun soal wawancara, meskipun sebenarnya aku takut maksimal, hal yang paling bergemuruh di otakku hanya satu pertanyaan yang dilontarkan esok sesuai dengan pangalaman-pengalaman lalu saat wawancara organisasi yaitu "Sebutkan apa kelebihan dan kekuranganmu" yap. cukup menyita waktu dan tenagaku untuk memikirkan jawaban dari hal tersebut.

pagipun tiba. hotel yang kusinggahi tak jauh dari kantor. celana kain hitam dipadu dengan atasan pastel jadi andalan. niatnya sih biar produser kesengsem gitu deh. ehek. saat memasuki kantor, hatiku hanya dapat bergumam SUMPAH SUMPAH SUMPAAAHHAKU SEKARANG MASUK KANTORNYA NET? damn! fix! aku ndesit. ahahaha bodo amata. sejujurnya ini juga pertama kalinya aku menginjakkan kaki di Jakarta. ini karena memang sebelum-sebelumnya sama sekali tak ada kepentingan untuk datang menjajaki ibu kota.

lumayan lama menunggu instruksi dari produser hingga akhirnya aku tepat berada di lobby kantor NET. iya NET. yang lagi naik daun berkat mas Wishnutama. sampai pada akhirnya produser itu menghampiriku "Halo, Thomas" ujarnya. yap. dapat diduga orang yang baru saja menyalamiku ini adalah sosok Mas-Mas bukan Pak-Pak. wajahnya lucu. sepertinya keturunan etnis sebelah. doi menyuruhku masuk ke kantor. bisa dilihat namanya kantor jurnalis ya kubikelnya banyak, tapi bersih, nggak kayak bayanganku yang bakalan banyak kertas berserakan. btw sebelum giliranku ada yang lain yang masih di interview.

giliranku.
doi ngejelasin panjang lebar soal sistematis kalo mo magang di kantor kece badai ini. nantinya ngapain aja, nanya kuliah, kelengkapan proposal magang lalalayeyeyeye. otakku masih fokus mencari jawaban soal pertanyaan yang kutakutkan yang udah aku jelasin sebelumnya. sampai doi nyuruh aku buat ngeresume berita, sepertinya ngetest kalo aku cukup paham dengan struktur berita. and then done! what? cuman setengah jam doang. pertanyaan yang kutakutkanpun tak dilontarkan. ada sedikit rasa bersalah juga soal biaya transport yang aduhai dengan 30 menit interview. oh men maafkan daku kakak. pengumuman selanjutnya akan dikabarin via sms karena doi kudu rundingan dulu sama tim.

dua hari selanjutnya, doi ngasih kesempatan buat aku magang di NET. aku kegirangan. senyum-senyum sendiri. sumringah. YEAH. AKU KE JAKARTA! sumpah alay berasa dapet golden tiket di ajang kompetisi nyanyi. dengan cepatnya aku menghubungi salah satu temanku yang rumornya dia melamar magang di salah satu maskapai di Jakarta. and then, meskipun dia nggak jadi di maskapai tapi dia jadi di BUMN di Jakpus tapi mulai bulan Februari. KEYH! I GOT A FRIEND! fix. aku bahagia kayak terbang bareng paus raksasa ditemenin awan nan pelangi yang menghiasi birunya bumi.

---
9 January 2015
aku berangkat ke Jakarta bareng Mama, orang yang paling nggak tegaan kalo anaknya pergi-pergi meskipun udah sekian kali aku bilang "aku nggak apa-apa ma". nggak cuman sama mama, aku berangkat bareng tetanggaku yang juga balik ke Jkt.

karena kosan udah sempet dicarikan sodaranya tetanggaku, so aman-aman aja.
btw aku ngekos di daerah Tebet, Jaksel. jarak kantor yang ada di Mega Kuningan sekitar 10-15 menit kalo lancar pake angkot 44 warna biru muda. tapi kalo macet bisa 45 menit- 1 jam, damn!

hari pertama ke kantor berasa failed banget. hujan! nebeng mbak kos, namanya mbak Alfi, naik motor karena doi kerja di Pangsud. alhasil aku pake jas ujan biru two pieces. karena nggak searah banget dan takut macet aku diturunin di gerbang Mega Kuningan dan itu harus jalan sekitar 10 menit untuk sampe the real kantor. ok. aku jalan kaki (masih berbalutkan jas ujan). aku mikir, ga mungkin kan aku sampe lobi kantor masih jas ujan gini, gembel deh. ok, di tengah perjalanan jalanku aku lepas deh jas ujannya terus pake payung, dan fix aku kebasahan. sialan :( padahal niat kece pertama kali ke kantor.

kenalan. ada yang namanya Tria (anak UIN Jkt 2011 udah dapet 1 minggu magang) sama Ima (Unhas 2012 bru masuk magang).



to be continued. capek nich, tunggu ya. kiss.

No comments:

Post a Comment